Resep Membuat Kuping Gajah, Simpel, dan Murah Bunda !!!

Bahan-bahan :
* 300 gram tepung terigu protein sedang yang sudah diayak sampai tak bersisa gumpalan.
* 80 gram gula halus, jika tidak ada bisa juga digantikan dengan menggunakan gula pasir halus.
* 80 mililiter santan segar yang sudah melalui proses memasak dan pastikan agar santan tidak mengalami pecah santan.
* 2 sendok makan mentega
* 1 butir telur Ayam dengan ukuran yang besar
* 1/4 sendok teh vanili
* 1/2 sendok teh garam dapur beryodium
* 1 1/2 sendok makan coklat bubuk atau coklat pasta.
* Air matang secukupnya
* Minyak Goreng untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat :
1. Siapkan satu wadah dengan ukuran cukup besar, kemudian masukkan 300 gram tepung terigu yang sudah di ayak, ½ sendok teh garam dapur, ¼ sendok teh vanila dan 2 sendok makan mentega. Aduk dan campur semua bahan tersebut diatas sampai dengan benar-benar merata.
2. Setelah adonan tercampur merata, kemudian masukan 1 butir telur ke dalam adonan dan aduk-aduk lagi sampai tercampur dengan sempurna.
3. Berikan atau masukkan 80 mililiter santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sembari terus menerus diaduk sampai rata. Pastikan untuk semua bahan tercampur dengan sempurna sampai adonan kalis. Jika dirasa belum kalis, maka bisa diberikan sedikit saja tambahan air matang demi mendapatkan adonan yang sempurna.
4. Adonan yang sudah kalis tersebut diatas diambil seperempat bagian,kemudian masukkan coklat bubuk atau coklat pasta. Aduk atau uleni adonan dampai berwarna coklat merata.
5. Untuk adonan yang tak dicampuri coklat, giling, dan pipihkan adonan terlebih dahulu sampai dengan ukuran yang tepat untuk mendapatkan hasil adonan yang cantik. 6. Kemudian, lakukan hal yang sama juga untuk adonan yang berwarna coklat.
7. Setelah proses pemipihan semua adonan baik yang yang berwarna polos dan berwarna coklat selesai, maka letakan adonan coklat diatas adonan polos. Gulung-gulung dan pastikan untuk selalu menekan adonan sampai dengan adonan melekat dan padat secara sempurna. Adonan yang memiliki bentuk akhir silinder ini, akan memudahkan Anda dalam proses cutting.
8. Simpan adonan yang sudah berbentuk silinder tadi dalam lemari pendingin dalam waktu kurang lebih selama 1 1/2 sampai dengan 2 jam.
9. Adonan yang dimasukkan dalam lemari pendingin tersebut menjadi lebih kaku, setelah itu barulah potong adonan secara tipis, kemudian pipihkan lagi dengan cara di giling kembali agar nantinya pada saat proses penggorengan tak terurai.
10. Panaskan wajan dengan menggunakan api sedang saja, isi wajan dengan minyak goreng sampai setengah wajan.
11. Setelah itu, goreng adonan kuping gajah sampai dengan berwarna coklat keemasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*